Skip to main content

Contoh Teks Pidato yang Mudah Disampaikan

TEKS PIDATO
“HARGAI PRIVASI ANDA SENDIRI SEBAGAI REMAJA YANG SEHAT”

PEMBUKA
Bapak pembimbing yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Mari kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat-Nya, kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan yang sehat wal’afiat (alhamdulillah). Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan pidato dengan topik “HARGAI PRIVASI ANDA SENDIRI SEBAGAI REMAJA YANG SEHAT”

ISI
Teman-teman sekalian.
Privasi, dalam Bahasa Indonesia berarti rahasia pribadi. Sedangkan, definisi dari privasi adalah kemampuan suatu kelomopok atau individu untuk menjaga informasi mengenai mereka sendiri tau bertujuan melindungi akses kehidupannya dari publik. Namun, di dunia yang semakin maju ini, kepedulian terhadap privasi semakin menurun seiring penyebaran informasi yang semakin mudah.
Seiring dengan berkembangnya zaman. Banyak sekali media sosial yang fitur-fiturnya semakin mendukung kita untuk saling berinformasi satu sama lain, baik berupa fitur medsos khusus foto, status, atau hanya berupa fitur chat. Kalian pasti punya akun media sosial yang sering kalian buka. Lalu, pasti dengan akun tersebut kalian menyebarkan informasi atau lain-lain dan saking terlenanya dengan akun sosmed tersebut, kalian tidak sadar, apakah yang kalian bagikan ke sosmed itu perlu privasi atau tidak.
Tidak jarang kita temui orang-orang khususnya para remaja mengunggah dengan sengaja atau tidak sengaja menyebarkan informasi milik meraka yang mungkin itu adalah informasi pribadi yang memerlukan perlindungan. Karena apabila informasi itu jatuh di tangan orang yang tidak bertanggung jawab, dapat membahayakan diri mereka sendiri.
Sebenarnya apa sih tujuan mereka?
Ingin populer atau apa? Kok miris amat?
Iya, sih. Yang seperti itu memang mempercepat kita untuk mencapai kepopuleran, namun usaha seperti itu terlalu nekat untuk hal yang sepele.
Selain itu, ada 1 hal lagi yang mereka, kaum remaja inginkan saat mereka menyebar informasi pribadi mereka, yaitu : ingin dipandang berharga (dinotice). Padahal dengan semakin banyaknya kita mengunggah informasi di media sosial, semakin banyak yang merasa risih akan hal itu. Apalagi, jika memang pada dasarnya, orang yang melihat informasi itu tidak suka dengan Anda misalnya.
Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada informasi pribadi kita. Ada beberapa hal yang sepatutnya kita perhatikan, antara lain :
1.      Menjaga kewibawaan.
Orang yang jarang mengumbar-ngumbar di sosmed tapi tetap aktif di sosmed tersebut akan dirasa lebih menarik daripada yang sering banyak omong di sosmed yang cuma cari sensasi doang.
2.      Menjaga Kemisteriusan.
Jagalah totalitas karakter yang mengagumkan ini. Banyak rasa penasaran yang timbul jika kita tidak dengan begitu mudahnya mengumbar informasi-informasi pribadi kita di media sosial.
3.      Selektif dalam memakai sosmed.
Ini adalah hal terpenting dalam bermedia sosial. Jangan sampai kita tergerus arus negatif dan meninggalkan yang positif.
4.      Tidak terlihat bukan berarti tidak ada.
Begitu juga dengan sebaliknya. Yang diinformasikan seseorang alay di sosmed, belum tentu benar juga. Bisa saja dia cuma hoax-hoax untuk cari sensasi.
Meskipun begitu, cara para remaja alay sosmed itu mencari perhatian juga patut dihargai, jika ingin menasihati, gunakanlah kata-kata yang halus dan terkesan tidak menyinggung perasaannya.
Tidak jarang kita lihat orang-orang besar yang dengan segala pencapaiannya, namun masih berendah diri dalam kehidupannya. Contoh saja para penemu aplikasi-aplikasi media sosial itu, mereka tidak pernah mengumbar kehidupan pribadi mereka untuk hal-hal yang tidak bermanfaat atau pun secara berlebihan. Mereka akan cenderung lebih aktif dalam menge-post karyawan-karyawan mereka yang semangat bekerja, atau hal-hal lainnya.

PENUTUP
Demikian yang dapat saya sampaikan. Mulai sekarang, marilah kita hargai privasi kita, menuju remaja sehat, produktif, dan bahagia. Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata dan tingkah laku. Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Tutur Kata yang Baik dan Buruk

No. Tutur Kata yang Baik Tutur Kata yang Buruk 1. “Permisi, saya mau tanya. Rumahnya bapak kepala desa ini di mana ya?” “Hai kamu, tau rumahnya kepala desa di sini tidak? Masa sih warga desa tidak tahu rumah kepala desanya.” 2. “Boleh pinjam penghapusmu tidak? Aku lupa membawa penghapus hari ini.” “Pinjam penghapus dong!! Peka dikit lah kalo temannya tidak membawa penghapus waktu sekolah.” 3. “Bu, permisi, sekarang ada jamnya Ibu di kelas 9A.” “Bu, ada jam tuh di kelas saya, jangan lupa dong.” 4. “Ma, boleh minta tolong ambilkan pel? Susuku tumpah di lantai tadi. “Maaa, ambilkan pel cepat, susuku tumpah di lantai. Pel in sekalian ya.” 5. “Kak, boleh minta bantuan tidak? Ajari aku soal yang ini, aku lupa caranya.” “Kak, kerjain soal ini dong, aku lupa caranya nih.” 6. “Maaf ya, aku t

Gagal Pasang Plugin di QGIS? Coba Cara Ini

  QGIS atau yang dulunya biasa disebut Quantum GIS merupakan software  olah data spasial yang bereferensi kebumian. QGIS dikembangkan oleh programmer Gerry Sherman pada tahun 2002 dan rilis sebagai perangkat lunak Open Source yang diminati banyak penggunanya.  Dalam pemakaiannya agar lebih multiguna, QGIS memberikan banyak sekali plugin yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Plugin-plugin tersebut tidak semuanya otomatis terpasang ketika instalasi pertama pada dekstop. Banyak plugin yang bisa kita pilih dan pasang secara manual sesuai dengan kebutuhan kita dalam mengolah data pada QGIS. Namun, beberapa kali ditemui masalah dalam pemasangan plugin pada QGIS. Mulai dari jenis plugin yang dimaksud tidak ditemukan, pemasangan plugin yang memerlukan waktu terlalu lama, tidak berhasil memuat list plugin pada QGIS, dan mungkin masih banyak lagi (yang disebutkan hanya yang pernah dialami penulis sih hehehe) Nah, untuk mengatasi kendala-kendala di atas, Ada sebuah tips yang sebenarnya QGI

Bahasa Daerah Sumatera Barat

Konnichiwa Minna... !! Kali ini Kaze akan nge share sesuatu yang berbau dengan Keragaman Budaya di Indonesia.. Berikut sesuatunya.....: v B ahasa D aerah S umatera B arat 1.     B ahasa M inangkabau / B aso M inang P embahasan Bahasa Minangkabau atau Baso Minang adalah salah satu anak cabang bahasa Austronesia yang dituturkan khususnya di wilayah Sumatera Barat, bagian barat propinsi Riau serta tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bahasa Minangkabau yang memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bukittinggi, dialek Pariaman, dialek Pesisir Selatan, dan dialek Payakumbuh. Di daerah Pasaman dan Pasaman Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara, juga dituturkan Bahasa Batak dialek Mandailing. Sumber Berita: www.swarakalibata.com http://kerjasamarantau.sumbarprov.go.id/berita-kependudukan-provinsi-sumatera-barat.html#ixzz3YgjdSeQF Terdapat pertentangan mengenai hubungan bahasa Minangkabau dengan bahasa Melayu. Sebagian pakar bahasa me