Skip to main content

Bahasa Daerah Sumatera Barat





Konnichiwa Minna... !!

Kali ini Kaze akan nge share sesuatu yang berbau dengan Keragaman Budaya di Indonesia..

Berikut sesuatunya.....: v



Bahasa Daerah Sumatera Barat

1.    Bahasa Minangkabau / Baso Minang
Pembahasan
Bahasa Minangkabau atau Baso Minang adalah salah satu anak cabang bahasa Austronesia yang dituturkan khususnya di wilayah Sumatera Barat, bagian barat propinsi Riau serta tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Bahasa Minangkabau yang memiliki beberapa dialek, seperti dialek Bukittinggi, dialek Pariaman, dialek Pesisir Selatan, dan dialek Payakumbuh. Di daerah Pasaman dan Pasaman Barat yang berbatasan dengan Sumatera Utara, juga dituturkan Bahasa Batak dialek Mandailing.


Sumber Berita: www.swarakalibata.com


Terdapat pertentangan mengenai hubungan bahasa Minangkabau dengan bahasa Melayu. Sebagian pakar bahasa menganggap bahasa ini sebagai dialek Melayu, karena banyaknya kesamaan kosakata dan bentuk tuturan di dalamnya, sementara yang lain justru beranggapan bahasa ini merupakan bahasa mandiri yang berbeda dengan Melayu.

Daerah sebar tutur
Secara historis, daerah sebar tutur Bahasa Minangkabau meliputi bekas wilayah kekuasaan Kerajaan Pagaruyung yang berpusat di Batusangkar, Sumatera Barat. Batas-batasnya biasa dinyatakan dalam ungkapan Minang berikut ini:
Dari Sikilang Aia Bangih
hingga Taratak Aia Hitam.
Dari Durian Ditakuak Rajo

hingga Sialang Balantak Basi.

Sikilang Aia Bangih adalah batas utara, sekarang di daerah Pasaman Barat, berbatasan dengan Natal, Sumatera Utara. Taratak Aia Hitam adalah daerah Bengkulu. Durian Ditakuak Rajo adalah wilayah di Kabupaten Bungo, Jambi. Yang terakhir, Sialang Balantak Basi adalah wilayah di Rantau Barangin, Kabupaten Kampar, Riau sekarang.
Bahasa Minangkabau juga menjadi bahasa lingua franca di kawasan pantai barat Sumatra Utara, bahkan menjangkau jauh hingga pesisir barat Aceh. Di Aceh, penutur bahasa ini disebut sebagai Aneuk Jamee. Selain itu, bahasa Minangkabau juga dituturkan oleh masyarakat Negeri Sembilan, Malaysia yang nenek moyangnya merupakan pendatang asal ranah Minang sejak berabad-abad silam.
Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
2.    Bahasa Mentawai
Pembahasan
Di Kepulauan Mentawai terdapat banyak dialek yang berbeda-beda, sehingga menyulitkan pengertian dari daerah ke daerah. Namun demikian bahasa Mentawai sudah dikenal dan dimengerti dengan baik. Siberut dianggap sebagai tanah asalnya bahasa, penduduk dan adat istiadat Mentawai.


Struktur Bahasa Mentawai
Bahasa Mentawai adalah bahasa yang konkrit. Apa yang dilihat dan diraba ada dalam kamus bahasa Mentawai. Seperti bahasa Indonesia, bahasa Mentawai memiliki sufiks dan infiks yang dapat membentuk kata-kata baru.
Misalnya kata susun = penuh, dapat dibentuk menjadi kata kasusun, pususun.


Kata dasar Galai dapat dibentuk menjadi:
masi-galai
melakukan
mugalai
bekerja
galaiakenen
apa yang harus dibuat / dikerjakan
sigalaiakenen
apa yang sudah dibuat / dikerjakan
sigalaimai
apa yang kami buat / kerjakan
galaijet
karya / perbuatan
masigalaiake
melaksanakan


Contoh Kosa Kata
Bahasa Indonesia
Nganga Mentawai
Halo / Apa Kabar
Anaileoita
Terima kasih
Masura Bagata
Terima kasih banyak
Surak Sabeu
Sama-sama
Simakerek
Aku tidak tahu
Tak kuagai
Dia tidak tahu
Tak iagai
Bapak / Ayah
Bajak
Kepala Suku
Rimata
Berjalan-jalan
Menung / Mugejek
Aku Cinta Kamu
Kuobak Ekeu
Aku rindu pada kekasihku
Magoa bagaku ka sibaralaket
Aku jatuh cinta
Aku belek obak
Maaf
Bojoik
Saya dari...
Aku bara...
Mau pergi kemana..?
Kaipa Nuei..??
Bolehkah aku memotret anda..?
Momoi Ku foto Ekeu..??
Boleh kuminta panahmu..?
Momoi kutidou silogoi ekeu..?
Anda ingin rokok..?
Nuo bak ubek Nekne..??
Kubawakan untuk anda rokok
Akua bit kai ubek
Minta rokok sebatang
Akek Ubek Sakaju
Rokok habis
Asapru ubek
Minta air minum
Akek lokku
Anda ingin gula..?
Nuo bak gulo nekne..??
Aku mau tidur
Anai aku merep
Siapa namamu..?
Kasei Onim..??
Namaku adalah...
Oning ku...
Belajar
Pasigelai
Pagi
Simancep
Siang
Sitagok
Malam
Sisoubok
Tengkorak kepala monyet
Utet Joja
Tengkorak kepala babi
Utet Saina
Tato
Titi

Contoh Bilangan dalam Nganga Mentawai
Satu
sara
Enam
enem
Sebelas
pulu sara
Dua
rua
Tujuh
pitu
Dua Puluh
rua pilu
Tiga
telu
Delapan
balu
Seratus
sangotu
Empat
epat
Sembilan
siba
Dua Ratus
ruangotu
Lima
lima
Sepuluh
pulu
Seribu
sangaribu


 


Comments

Popular posts from this blog

Contoh Tutur Kata yang Baik dan Buruk

No. Tutur Kata yang Baik Tutur Kata yang Buruk 1. “Permisi, saya mau tanya. Rumahnya bapak kepala desa ini di mana ya?” “Hai kamu, tau rumahnya kepala desa di sini tidak? Masa sih warga desa tidak tahu rumah kepala desanya.” 2. “Boleh pinjam penghapusmu tidak? Aku lupa membawa penghapus hari ini.” “Pinjam penghapus dong!! Peka dikit lah kalo temannya tidak membawa penghapus waktu sekolah.” 3. “Bu, permisi, sekarang ada jamnya Ibu di kelas 9A.” “Bu, ada jam tuh di kelas saya, jangan lupa dong.” 4. “Ma, boleh minta tolong ambilkan pel? Susuku tumpah di lantai tadi. “Maaa, ambilkan pel cepat, susuku tumpah di lantai. Pel in sekalian ya.” 5. “Kak, boleh minta bantuan tidak? Ajari aku soal yang ini, aku lupa caranya.” “Kak, kerjain soal ini dong, aku lupa caranya nih.” 6. “Maaf ya, aku t

Gagal Pasang Plugin di QGIS? Coba Cara Ini

  QGIS atau yang dulunya biasa disebut Quantum GIS merupakan software  olah data spasial yang bereferensi kebumian. QGIS dikembangkan oleh programmer Gerry Sherman pada tahun 2002 dan rilis sebagai perangkat lunak Open Source yang diminati banyak penggunanya.  Dalam pemakaiannya agar lebih multiguna, QGIS memberikan banyak sekali plugin yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna. Plugin-plugin tersebut tidak semuanya otomatis terpasang ketika instalasi pertama pada dekstop. Banyak plugin yang bisa kita pilih dan pasang secara manual sesuai dengan kebutuhan kita dalam mengolah data pada QGIS. Namun, beberapa kali ditemui masalah dalam pemasangan plugin pada QGIS. Mulai dari jenis plugin yang dimaksud tidak ditemukan, pemasangan plugin yang memerlukan waktu terlalu lama, tidak berhasil memuat list plugin pada QGIS, dan mungkin masih banyak lagi (yang disebutkan hanya yang pernah dialami penulis sih hehehe) Nah, untuk mengatasi kendala-kendala di atas, Ada sebuah tips yang sebenarnya QGI